Minggu, 19 Desember 2010

WEB Browser

Web Browser disebut juga sebagai perambah, yaitu perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Penjelajah web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Penjelajah web adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. Web sendiri adalah Kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.



Contoh web browser antara lain :

1). MOZILLA FIREFOX --> Cepat, aman dan kaya tampilan. http://www.mozilla.com
2). OPERA --> Cepat dan tampilan halaman yang web yang optimal dan memukau. http://www.opera.com
3). INTERNET EXPLORER --> Web browser bawaan windows. http://www.microsoft.com
4). SAFARI --> Web browser khas macintosh. www.safari.com
5). GOOGLE CHROME --> Web browser yang dikembangkan oleh google. http://www.google.com/chrome
6). AVANT BROWSER --> Web browser berbasis internet explorer namun dengan tampilan yang lebih elegan. http://www.avantbrowser.com
7). FLOCK --> Web browser yang ditujukan buat penggila social enginering. http://www.flock.com 
8).APPLE --> www.apple.com
9). MAXTHON --> www.maxthon.com

Owy,,tahu ga sejerahnya??Web browser adalah suatu software atau program yang digunakan untuk encari informasi dari suatu halaan web yang tersimpan di dala server komputer.Sejarah Web browser dimulai dari seorang mahasiswa S1 bernama Marc Andressen, yang bersekolah di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat membuat sebuah penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). Penjelajah web tersebut dinamakan dengan Mosaic.Dialah yang mengawali penngunaan sistem GUI yang pada saat itu belum umum, karena penjelajahan web pertama kali menggunakan basis teks, seperti contoh Lynx.Ketika sistem GUI mulai menjamur, setelah lulus dari universitas, Marc ditawari oleh Jim Clarc (salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI)) untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication. Marc membuat sebuah penjelajah web populer yang pertama digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan penjelajah web yang bersifat komerisal, akan tetapi seiring dengan waktu, akhirnya Navigator pun menjadi gratis. Sementara itu, penjelajah web Mosaic yang bersifat gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengkomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi browser komersial.

 Nah..sekarang sudah sedikit tau kan tentang web browser??semoga bermanfaat..


Sumber :  http://iensmyutz.blogspot.com/2008/05/web-hostingweb-browsersearch-engine.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar